Saturday, June 2, 2012

Teori Garden City Of Tomorrow

GARDEN CITY OF TOMORROW by EBENHEZER HOWARD Warga negara Inggris yang hijrah ke Amerika, tertarik akan isu-isu sosial dan kemudian kembali ke Inggris. Pada tahun 1898 menghasilkan sebuah buku kontroversi berjudul To-Morrow: A Peaceful Path to Real Reform yang menceritakan konsep kota taman atau garden city-nya yang terkenal.
TEORI GARDEN CITY OF TOMORROW Sebuah konsep perencanaan kota dengan memiliki cakupan wilayah sekitar 1.000 acre dimana setiap fungsi lahan disusun sedemikian rupa sehingga tetap berfungsi tanpa mengganggu satu sama lain terutama tidak membahayakan lingkungan mengingat sebagian besar diselubungi oleh fungsi-fungsi hijau seperti taman,pertanian dan lain-lain.
Tujuan Garden City Untuk menjaga kelangsungan kehidupan dari kombinasi antara kota dan pedesaan yang sehat, natural dan mapan ekonomi Dalam tujuannya ini Howard memandang mesin-mesin industri merupakan sektor yang penting dalam kehidupan manusia, oleh sebab itu dia menempatkan fungsi-fungsi industri dalam perencanaan kotanya. Industri dan pertanian saling berdampingan di kota ini. Kota Letchworth, Kota Pertama Yang Direncanakan Oleh Ebenhezer Howard Memakai Konsep Garden City Kota Letchworth terletak di Inggris, kota ini dipenuhi oleh fungsi-fungsi hijau dalam kotanya sehingga kesan asri dan alami sangat kental terasa, dibuat organisasi sendiri yang menjamin kelangsungan kota tersebut, setelah kota ini bermunculan kota-kota yang mengikuti konsep garden city ini tapi tidak seutuhnya kebanyakan hanya mengikuti konsep alami dan lingkungan asrinya. seperti kota Welwyn, Stevenage, Hertfordshire, Milton Keynes, Buckinghamshire, yang semuanya berada di Inggris

No comments:

Post a Comment